LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
“IMPLEMENTASI
CORELDRAW X7”
Di susun sebagai salah satu syarat kelulusan pelaksanaan
Kegiatan
Praktek Kerja Industri
DI SUSUN OLEH :
NAMA : AHMAD FAUZI
KELAS :
IXcTKJ
PROG.KEAHLIAN : TEKNIK
KOMPUTER & JARINGAN
YAYASAN
BADAN AMAL KESEJAHTERAAN ITTIHADUL ISLAMIYAH
(
YABAKII ) CABANG BANYUMAS
SMK
TEKNIK KOMPUTER MBM RAWALO BANYUMAS
Alamat : Jl. Pesantren No. 3 Pesawahan Rawalo Banyumas 53173, Telp.
(0281) 6848318 / 081327006631
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Laporan
Praktek Kerja Industri (prakerin) ini telah di setujui dan disahkan oleh
pimpinan dan pembimbing Praktek Kerja
Industri di LKP INDO KOMPUTER PURWOKERTO
sebagai salah satu syarat kenaikan kelas tahun ajaran 2014/2015 pada :
Hari/tanggal :
Tempat : LKP INDO
KOMPUTER
Disahkan
:
Pimpinan Pembimbing
Dra. Gender
Rinanta P Mifatahul
Amin A.Md
PENGESAHAN SEKOLAN
Laporan
Praktek Kerja Industri (prakerin) ini telah di setujui dan disahkan oleh
pimpinan dan pembimbing Praktek Kerja
Industri di SMK Teknik Komputer MBM
Rawalo sebagai salah satu
syarat kenaikan kelas tahun ajaran 2014/2015 pada :
Hari/tanggal :
Tempat : SMK Teknik
Komputer MBMRawalo
Disahkan
:
Pembimbing I Pembimbing II
Yuli Prastowo
S.Kom Darwin
S.Kom
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK TeknikKomputer MBM Rawalo
Haryanto
S.Ag
PERSEMBAHAN
Alhamdulillah dalam melaksanakan Praktik Kerja
Industri (Prakerin) dan penyusunan laporan ini berjalan lancar. Hal ini karena
tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis sampaikan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan dan
penyusunan laporan prakerin ini, dan laporan prakerin ini kami persembahkan
kepada :
1.
Bapak
Haryanto S.Ag. selaku Kepala SMK Teknik Komputer MBM Rawalo.
2.
Ibu Dra
Gender Rinanta P, selaku Pimpinan LKP
INDO KOMPUTER Purwokerto yang telahmemberikan izin kepada
penulis untuk melaksanakan Prakerin di LKP INDO
COMPUTER Purwokerto
3.
Bapak Yuli Prastowo
S.Kom dan Bapak Darwin S.Kom, Selaku guru pembimbing yang telah mencurahkan
waktu dan pikiran dalam membimbing penulis.
4.
Bapak Miftahul Amin A.Md dan pembimbing lain, Selaku pembimbing instansi LKP INDO KOMPUTER Purwokerto yang telah membimbing dan
mengarahkan kami dalam melaksanakan tugas pekerjaan.
5.
Bapak dan
Ibu Guru SMK Teknik Komputer MBM Rawalo
yang telah membimbing penulis.
6.
Ayah dan Ibu
tercinta yang selalu memberikan do’a motivasi
kepada penulis.
7.
Teman-teman
SMK Teknik Komputer MBM Rawalo yang
telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini.
8.
Adik kelas
SMK Teknik Komputer MBM Rawalo yang tercinta.
9.
Pihak-pihak
lain yang telah membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Semoga amal kebaikannya akan mendapat balasan yang
setimpal dari Allah SWT
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum warohmatullohi
wabarokatuh.
Puji syukur kehadirat Allah
SWT atas segala hidayah dan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat melaksanakan
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) yang bertempat di LKP INDO KOMPUTER selama
dua bulan dengan baik, Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Praktek Kerja
Industri ini adalah untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk membaca
dan memahami keadaan lingkungan di luar sekolah.
Dengan adanya Prakerin ini,
penulis dapat menambah wawasan dan pengalaman, serta dapat mempraktekan ilmu
yang telah Bapak/Ibu guru di berikan di sekolah sebagai penunjang selama
mengikuti Prakerin.Laporan ini merupakan bukti tertulis bahwa penulis telah
melaksanakankegiatan Prakerin di tempat tersebut.
Penulis mengucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing dan memberikan
dukungan kepada penulis dalam pelaksanaan prakerin, dan dengan terselesaikannya
laporan ini, penulis ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada :
1. Bapak Haryanto S.Ag, selaku Kepala
Sekolah SMK TEKNIK KOMPUTER MBM Rawalo yang telah memberikan izin kepada penulis
untuk melaksanakan PRAKERIN.
2. Ibu Dra Gender Rinanta P,
selaku pimpinan di LKP INDO
KOMPUTER Purwokerto yang telah mengizinkan kami untuk
melaksanakan PRAKERIN di LKP INDO
KOMPUTER Purwokerto.
3. Bapak Yuli Prastowo S.Kom dan Bapak
Darwin S.Kom, selaku pembimbing yang telah memberikan banyak pengarahan dan
motifasi baru kepada kami.
4. Bapak Miftahul Amin A.Md dan pembimbing lain, selaku
pembimbing institut yang telah banyak memberikan bimbingan selama penulis
melaksanakan PRAKERIN di LKP INDO
KOMPUTER.
5. Seluruh staf dewan guru SMK TEKNIK
KOMPUTER MBM Rawalo.
6. Seluruh staf karyawan LKP INDO KOMPUTER.
7. Ayah dan ibu tercinta yang telah
memberikan bimbingan dan dorongan baik materi maupun spiritual kepada penyusun.
8. Teman-teman semua yang telah membantu
dan memotifasi kami dalam melaksankan prakerin ini.
9. Semua pihak yang telah membantu penyusun
sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan ini.
SemogaAlloh
SWT membalas budi semua pihak yang telah membantu penyusun dalam penyusunan
laporan PRAKERIN.
Penyusun menyadari bahwa
dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan baik dalam pengolahan data maupun dalam sistematika penulisan laporan.
Untuk itu penulis harapkan dari semua pihak guna menyempurnakan dalam
penyusunan laporan selanjutnya.
Terlepas dari kekurangan
yang ada, penulis berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat, Baik
bagi kami sendiri maupun pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum
warohmatullohi wabarokatuh.
Rawalo ………..
Penulis
MOTTO
1. Guru tebaik kita adalah
pengalaman kita sendiri.
2. Berusaha untuk
menghilangkan kata tidak bisa pada diri sendiri.
3. Berusaha sampai kata gagal
hilang.
4. Yakin rizki itu sudah
dijamin oleh Allah SAW.
5. Atur diri sendiri sebelum
mengatur orang lain.
6. Semua orang punya jatah
gagal dalam hidupnya, berusaha untuk menghabiskan jatah gagal selagi masih
muda.
7. Hidup adalah proses
Hidup adalah belajar
Tanpa ada batas umur
Tanpa ada kata tua
Jatuh, berdiri lagi
Kalah, mencoba lagi
Gagal, bangkit lagi
“NEVER
GIVE UP”
DAFTAR ISI
Halaman Judul............................................................................................. i
Pengesahan Instasi....................................................................................... ii
Pengesahan Sekolah.................................................................................... iii
Persembahan................................................................................................ iv
Kata Pengantar............................................................................................ v
Motto............................................................................................................. vii
Daftar Isi....................................................................................................... viii
Daftar Gambar............................................................................................ x
Daftar Tabel................................................................................................. xii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah.............................................................................. 3
C. Batasa Masalah.................................................................................. 3
D. Tujuan Dan
Manfaat Prakerin........................................................... 3
BAB II LANDASAN TEORI
A.
Pengertian
Multimedia....................................................................... 5
B. Definisi Multimedia Menurut Beberapa
Ahli.................................... 5
C.
Kategori
Multimedia.......................................................................... 6
D.
Elemen Multimedia............................................................................ 7
E.
CorelDRAW
..................................................................................... 9
F.
Versi Corel Draw Serta Tahun Rilisnya ............................................ 11
G.
Penjelasan Setiap Versi CorelDRAW ............................................... 12
H.
Keunggulan Dan Kekurangan Program CorelDRAW....................... 21
I.
Toolbox CorelDRAW X7.................................................................. 22
BAB
III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
A.
Sejarah
Berdirinya LKP INDO Komputer Purwokerto.................... 30
B. Motto, Visi dan Misi Perusahaan....................................................... 31
C. Akta Notaris Perusahaan................................................................... 32
D. Struktur Organisasi Perusahaan......................................................... 33
E. Pelaksanaan Jam Kerja....................................................................... 33
BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL
A. Definisi CorelDRAW........................................................................ 34
B. Langkah Instal CorelDRAW X7....................................................... 35
C. Cara Membuat
Stempel Bulat Dengan CorelDRAW X7................. 44
D. Hasil Yang Diharapkan...................................................................... 49
BAB
V PENUTUP
A.
Kesimpulan........................................................................................ 50
B. Kesan Umum Terhadap Instansi Prakerin......................................... 50
C. Saran.................................................................................................. 50
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................. 51
DAFTAR GAMBAR
1.
Gambar 2.1 CorelDRAWversi 1.01......................................................... 12
2.
Gambar 2.2 CorelDRAWversi 2.0........................................................... 12
3.
Gambar 2.3 CorelDRAW versi 3.0.......................................................... 13
4.
Gambar 2.4 CorelDRAW versi 4.0 ......................................................... 13
5. Gambar
2.5 CorelDRAW versi 5.0.......................................................... 14
6. Gambar
2.6 CorelDRAW versi 6.0.......................................................... 14
7. Gambar
2.7 CorelDRAW versi 7.0.......................................................... 15
8. Gambar
2.8 CorelDRAW versi 8.0.......................................................... 16
9. Gambar
2.9 CorelDRAW versi 9.0.......................................................... 16
10. Gambar
2.10 CorelDRAW versi 10.0...................................................... 17
11. Gambar
2.11 CorelDRAW versi 11.0...................................................... 17
12. Gambar
2.12 CorelDRAW versi 12.0...................................................... 18
13. Gambar
2.13 CorelDRAW versi X3........................................................ 18
14. Gambar
2.14 corelDRAW versi X4......................................................... 19
15. Gambar
2.15 CorelDRAW versi X5........................................................ 19
16. Gambar
2.16 CorelDRAW versi X6........................................................ 20
17. Gambar
2.17 CorelDRAW versi X7........................................................ 21
18. Gambar
2.18 Toolbox.............................................................................. 23
19. Gambar
2.19 tampilan Toolbox............................................................... 23
20. Gambar
4.20 DR. Michael Cowpland..................................................... 34
21. Gambar 4.21 file instaler.......................................................................... 35
22. Gambar 4.22 “Minimum System
Requirements”..................................... 36
23.
Gambar
4.23 “License Agreement”......................................................... 36
24. Gambar 4.24 untuk memasukkan serial number...................................... 37
25.
Gambar
4.25 keygen................................................................................ 37
26. Gambar 4.26 memasukkan serial number................................................ 38
27. Gambar 4.27 pilihan langkah instalasi..................................................... 38
28. Gambar 4.28 pilihan aplikasi yana diinstal.............................................. 39
29. Gambar 4.29 “additional options”.......................................................... 39
30. Gambar 4.30proses instalasi..................................................................... 40
31. Gambar 4.31 instalasi selesai................................................................... 40
32. Gambar 4.32“activasi
corelDRAW”........................................................ 41
33. Gambar 4.33 langkah activasi corelDRAW.............................................. 41
34. Gambar 4.34“contact
corelDRAW”........................................................ 42
35.
Gambar
4.35 keygen pengisian installation code..................................... 42
36. Gambar 4.36
keygen dengan activasi code.............................................. 43
37. Gambar 4.37 pengisian activasi code....................................................... 43
38. Gambar
4.38 membuat lingkaran............................................................. 44
39. Gambar
4.39 memindah lingkaran........................................................... 44
40. Gambar
4.40 mengcopy lingkaran........................................................... 45
41. Gambar
4.41 membuat lingkaran bantu................................................... 45
42. Gambar
4.42 memasukkan teks............................................................... 46
43. Gambar
4.43 lingkaran yang sudah ditlis teks......................................... 46
44. Gambar
4.44 menggeser teks................................................................... 47
45. Gambar
4.45 menghapus garis bantu....................................................... 47
46. Gambar
4.46 memasukkan garis bantu bawah......................................... 48
47. Gambar
4.47 mirror text horizontal......................................................... 48
48. Gambar
4.48 memasukkan ornament bintang.......................................... 48
DAFTAR TABEL
Table 3.1
Struktur Organisai.......................................................................... 33
BAB I
PENDAHULUAN
E.
Latar Belakang
PRAKERIN (Praktek Kerja Industri)
adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di
Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk
meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan
kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk
masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta
ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.
Dalam
pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan
untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri
setidaknya sudah memiliki kemampuan
dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing
disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha
atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal
ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja
Industri tidak mengalami kendala dalam penerapan Ilmu Pengetahuan Dasar yang
kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu
baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.
Dalam
pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu
mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia
Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai
serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa –
siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah
dilakukannya selama berada di dunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu
membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri.
Prakerin
memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana
kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari.
melalui prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang
bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya
tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara
kejiwaan dan mental.
Ada beberapa landasan hukum
prakerin, antara lain :
1.
Undang-
undang no 20 tahun 2003, tentang sistem
pendidikan nasional: Pendidikan adalah usaha
sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak
mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan
negara.
2.
Kepmen pendidikan
dan kebudayaan no
323/u/1997, tentang
penyelenggaraan prakerin SMK.
3.
Peraturan Pemerintah
No. 29 tahun 1990 tentang
Pendidikan Menengah yang
antara lain :
a.
Penyelenggaraan sekolah
menengah dapat bekerja
sama dengan masyarakat
terutama dunia usaha / industri dan
para dermawan untuk
memperoleh sumber daya
dalam rangka menunjang
penyelenggaraan dan pengembangan
pendidikan.
b.
Pada sekolah
menengah dapat dilakukan
uji coba gagasan
baru yang diperlukan
dalam rangka pengembangan
pendidikan menengah.
4.
Kepmendikbud
No. 080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan yang menyatakan :
a.
Menggunakan unit
produksi sekolah beroperasi
secara professional sebagai
wahana pelatihan kejuruan.
b.
Melaksanakan sebagai
kelompok mata pelajaran
kejuruan di sekolah,
dan sebagailainnya di
dunia usaha dan industri.
c.
Melaksanakan kelompok
mata pelajaran keahlian
kejuruan sepenuhnya di
masyarakat dunia usaha
dan industri.
Sehingga penulis mengambil
judul “Implementasi CorelDRAW X7”
F. Rumusan Masalah
Bagaimana langkah instalasi CorelDRAW X7
G. Batasan Masalah
Dalam penulasan laporan ini penulis membatasi masalah pada “Implementasi CorelDRAW X7”
H.
Tujuan Dan Manfaat Prakerin :
1.
Tujuan Prakerin
a) Diharapkan
dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan
serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan
kenyataan yang ada di lapangan.
b) Meningkatkan
pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja
antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
c) Menumbuhkan
dan meningkatkan sikap profisional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia
usaha.
2.
Manfaat Prakerin
a)
Bagi Penulis
1) Memanfaatkan
hasil belajar yang nyata yang sudah diperoleh di sekolah
2) Membekali
siswa dengan pengalaman kerja di dunia usaha / industri sesuai dengan program
studi, serta dapat menegembangkan dri selaras dengan perkembangan dunia kerja
pada umunya.
b)
Bagi Tempat
Prakerin
1) Peluang
untuk meningkatkan teknologi produksi dan iklim kerja dengan memanfaatkan
siswa.
2) Peluang
untuk berperan serta dalam upaya meningkatkan tamatan sekolah menengah kejuruan
(SMK) sebagai yang tak terpisahkan dari upaya pembangunan nasional sehingga melahirkan
kebanggaan tersendiri.
c)
Bagi SMK Teknik
Komputer MBM Rawalo
1) Kesempatan
peluang untuk menjalin kerjasama serta lebih mantap dan melembaga dengan dunia
usaha/industri.
2) Peluang
memberikan masukan dari dunia usaha/ industri untuk memperbaiki program dan
proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah.
3)
Peluang untuk promosi sekolah dan
memasarkan tamatan dari sekolah yang bersangkutan
BAB II
LANDASAN TEORI
J.
Pengertian multimedia
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan
koneksi (link) sehingga pengguna
dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001).
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan
sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi
berbentuk teks, audio, grafik,
animasi, dan video.
K.
Definisi Multimedia Menurut Beberapa Ahli.
1.
Rosch,
1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
2.
McComick,
1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
3.
Turban
dan kawan-kawan, 2002: Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua
media input atau output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
4.
Robin
dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video
5.
Steinmetz,
1995 : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan
sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas
datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan
grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana
validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan
video.
6.
Vaughan,
2004 : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi
dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau
dengan manipulasi digital.
L.
Kategori Multimedia
Multimedia
dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
1. Multimedia
Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam
menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa
teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah :
a. Media teks/tulisan
b. Media audio/suara
c. Media video
d. Media animasi
e. Media gambar
f. Media Interaktif
g.
Media
spesial effect
2. Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa),
seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan /
menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment,
berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
a. TV
b. Radio
c. Film
d. Media Cetak
e. Musik
f. Game
g.
Entertainment
h.
Tutorial
i.
Internet
Dengan penggunaan multimedia,
penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam
mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil
penelitian yang dikeluarkan oleh Computer
Technology Research (Hofstetter) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20%
dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui
multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai
80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang
sama.
M.
Elemen Multimedia
Menurut
Hofstetter 2001, komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia
yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data
yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil.
Teks merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada
pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh
masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed
Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word
processor atau word editor dengan
cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned
Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan.
Dan Hypertext yaitu jenis teks yang
memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
2. Grafik (image)
Sangat bermanfaat untuk
mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak
dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam
bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan
dengan titik-titik pada layar monitor.
Digitized picture adalah gambar hasil
rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam
bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext
hanya saja dalam bentuk gambar.
3.
Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika
tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau
efek suara.
Format
dasar audio terdiri dari beberapa
jenis :
a. WAVE
Merupakan format file digital audio yang
disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV.
b. MIDI (Musical
Instrument Digital Interface)
MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam
merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan
juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.
c. Video
Video menyediakan sumber yang kaya
dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal
yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan
emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
d. Animasi
Animasi adalah simulasi gerakan
yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame
ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang
membentuk animasi.
Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes
(1997) Animate adalah untuk membuat
sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi
mencakup semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan
posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek,
posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan fokus dan perubahan dalam teknik
rendering.
N.
CorelDRAW
CorelDraw adalah
editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation of Ottawa, Kanada. Sering juga disebut Corel Graphics Suite, yang menyatu
dengan CorelDraw dengan editor gambar bitmap, Corel Photo-Paint, dan program grafis lainnya yang berhubungan.
Versi terbaru adalah X7 (setara dengan versi 17), dan dirilis Maret 2014.
Coreldraw adalah
desain vector gratis yang paling
mudah dalam penggunaannya, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk dipelajari
bagi pengguna komputer awam sekalipun, meskipun begitu Coreldraw menyajikan
fitur yang banyak dan sangat bermanfaat, dan inovatif.
CorelDraw membedakan
dirinya dari para pesaingnya dalam beberapa cara:
Yang pertama
adalah posisi sebagai suite grafis,
bukan hanya program grafis vektor. Coreldraw juga menyajikan alat editing, memungkinkan pengguna untuk
mengatur kontras, keseimbangan warna, mengubah format dari RGB ke CMYK,
menambahkan efek khusus seperti sketsa dan perbatasan khusus untuk bitmap.
Bitmaps juga dapat diedit lebih luas menggunakan Corel PhotoPaint, membuka bitmap
langsung dari CorelDraw dan kembali ke program setelah disimpan. Hal ini juga
memungkinkan laser untuk memotong setiap gambar.
CorelDraw mampu
menangani beberapa halaman bersama dengan beberapa lapisan utama. Dokumen multipage memudahkan untuk mengedit
desain grafis dan mesin cetak Corel memungkinkan untuk buku dan pengenaan
lainnya sehingga bahkan printer sederhana dapat digunakan untuk memproduksi
dokumen. Salah satu fitur yang berguna untuk dokumen tunggal dan multi-halaman
adalah kemampuan untuk membuat kotak teks terkait antar dokumen yang dapat
diubah ukurannya dan pindah, sementara teks itu sendiri me-reset dan mengalir melalui kotak. Berguna untuk membuat dan
mengedit multi-artikel seperti newsletter.
Item yang lebih
kecil, seperti kartu nama, undangan dll, dapat dirancang untuk ukuran halaman
sesuai yang diinginkan dan dikenakan untuk ukuran lembar printer untuk mencetak
hemat biaya. Sebuah fitur print-merge
tambahan (menggunakan spreadsheet atau teks menggabungkan dokumen) memungkinkan
personalisasi penuh untuk banyak hal seperti nomor tiket undian, undangan
masing-masing, kartu keanggotaan dan banyak lagi.
Pesaing
CorelDraw termasuk Adobe Illustrator
dan Xara Photo & Graphic Designer. Meskipun
semua ini adalah program ilustrasi berbasis vektor, pengalaman pengguna sangat
berbeda di antara semuanya. Sementara program ini akan membaca jenis file asli
yang lainnya dan sebaliknya, CorelDraw dapat membuka file Adobe PDF: Adobe PageMaker,
Microsoft Publisher dan Word, dan
program-program lainnya dapat mencetak dokumen ke PDF menggunakan driver printer Adobe PDFwriter,
CorelDraw kemudian dapat membuka dan mengedit setiap aspek tata letak asli dan
desain. CorelDRAW juga dapat presentasi format PowerPoint dan format Microsoft
Office lainnya dengan sedikit atau tanpa masalah.
.
O.
Versi Corel Draw Serta Tahun Rilisnya
- Corel draw versi 1.01 dirrilis pada tanggal 1 januari
1989.
- Corel draw versi 1.02 dirilis pada tanggal 2 april
1989.
- Corel draw versi 1.10 dirilis pada tanggal 2 juli 1989.
- Corel draw versi 1.11 dirilis pada tanggal 2 februari
1990.
- Corel draw versi 2 dirilis pada tanggal 1 september
1991.
- Corel draw versi 3 dirilis pada tanggal 15 mei 1992.
- Corel draw versi 4 dirilis pada tanggal 20 mei 1993.
- Corel draw versi 5 dirilis pada tanggal 27 juli 1994.
- Corel draw versi 6 dirilis pada tanggal 24 agustus
1995.
- Corel draw versi 7 dirilis pada tanggal 8 oktober 1997.
- Corel draw versi 8 dirilis pada tanggal 27 oktober
1998.
- Corel draw versi 9 dirilis pada tanggal 31 agustus
1999.
- Corel draw versi 10 dirilis pada tanggal 13 november
2000.
- Corel draw graphics suite versi 11 dirilis pada tanggal
1 agustus 2002.
- Corel draw graphics suite versi 12 dirilis pada tanggal
10 februari 2004.
- Corel draw graphics suite versi x3 dirilis pada tanggal
17 januari 2006.
- Corel draw graphics suite versi x4 dirilis pada tanggal
15 februari 2008.
- Corel draw graphics suite versi x5 dirilis pada tanggal
23 februari 2008.
- Corel draw graphics suite versi x6 dirilis pada tanggal
20 maret 2012.
- Corel draw graphics suite versi x7 dirilis pada tahun
2014
P.
Penjelasan
Setiap Versi CorelD RAW
- CorelDRAW Versi 1.01
Gambar 2.1 CorelDRAW versi 1.01
CorelDRAW
versi 1 berjalan dibawah windows 3.0 dan 3.1. corelDRAW ditransformasikan
kedalam ilustrasi serius yang mampu menggunakan font. Instalasi software
ini hanya menggunakan 2 disket 3.5 inch. Fiturnya sederhana namun cukup handal
untuk ilustrrasi/gambar pada saat itu. Software ini sudah memadai untuk membuat
kartu undangan, kartu nama, logo, dan kop surat. Fitur andalannya pada saat itu
adalah Bezier tool dan shape tool. Di versi ini sering
mengalami perombakan ulang sampai menempuh 5 kali update dalam jangka waktu 1 januari 1989 sampai 2 februari 1990.
- CorelDRAW Versi 2.0
Gambar 2.2 CorelDRAW versi 2.0
Di
versi corel banyak menambah fitur baru antara lain Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape
utama), Extrusion (untuk mensimulasi
gambar dan volume dalam objek) dan Perspective
(Untuk memecah objek sepanjang X dan Y).
- CorelDRAW Versi 3.0
Gambar 2.3 CorelDRAW versi 3.0
Di
versi ini corel melakukaan perbaikan dari efisiensi memory sehingga kinerja
corelDRAW lebih cepat. Kini desaign dapat dilihat/dipreview secara real-time
tanpa harus tampilan wireframe lagi.
Corel photopaint juga diluncurkan
pada versi ini.
- CorelDRAW Versi 4.0
Gambar 2.4 CorelDRAW versi 4.0
Di
versi ini corel sudah bisa multi-page.
Kemampuannya ditingkatkan sebagai software
desktop publishing seperti Page Maker.
Hanya saja di versi ini harus dibayar dengan penggunaan resource computer yang lebih tinggi. Lagi pula banyak ditemukan bug/error di versi ini.
- CorelDRAW Versi 5.0
Gambar 2.5 CorelDRAW versi 5.0
Versi
ini cukup populer dan cukup lama digunakan oleh para desaigner karena dilengkapi dengan colour management kalibrasi layar, printer, scanner, effext powerclip, artistic media, lens dan bitmap effect. Versi ini adalah yang
paling berhasil di windows 3.1. tapi
versi ini hanya bisa menyimpan file dengan jumlah nama maksimal 8 karakter.
- CorelDRAW Versi 6.0
Gambar 2.6 CorelDRAW versi 6.0
Karena
adanya Windows 95, CorelDRAW versi
32-bit ini pun disesuaikan agar bisa berjalan baik disistem operasi baru
tersebut. Diversi ini tidak banyak fitur baru yang ditambahkan. Di versi ini
juga sering bug/error sehingga
pengguna beralih kembali ke versi 5.
- CorelDRAW Versi 7.0
Gambar 2.7 CorelDRAW versi 7.0
Versi
ini lebih stabil dari versi sebelumnya. Banyak fitur baru yang ditambahkan,
antara lain : Keunggulan dari setiap versi : Properti bar yang sensitif (Context-sensitive
Property bar), Print Preview
dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek),
mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen
tool, mencari & mengganti wizard,
merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW),
pengecek ejaan (Spell checker), Kamus
(Thesaurus) dan pengecek susunan
bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk
dalam versi ini. Versi ini lebih cepat dari yang sebelumnya dan tidak perlu upgrade hardware untuk menggunakan
aplikasi ini.
- CorelDRAW Versi 8.0
Gambar 2.8 CorelDRAW versi 8.0
Versi
ini hadir dengan fitur Drop Dhadow, Distortion tools, dll. Tapi diperlukan specifikasi hardware yang besar
khususnya memory untuk bisa
menggunakannya dengan lancar dan stabil.
- CorelDRAW Versi 9.0
Gambar 2.9 CorelDRAW versi 9.0
Versi
ini memiliki fitur tambahan : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat
element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support),
petunjuk window (navigator window). buka,
simpan, import dan eksport dalam format SVG.
- CorelDRAW Versi 10.0
Gambar 2.10 CorelDRAW versi 10.0
Versi
ini memiliki fitur tambahan : CorelR.A.V.E.
(untuk animasi vector), Perfect Shapes,
Web graphics tools (untuk membuat elemen-elemen yang interaktif seperti
tombol), penyortir halaman (Page sorter),
dokumen multibahasa (multilingual
document support), petunjuk window
(navigator window). buka, simpan,
import dan eksport dalam format SVG.
- CorelDRAW Versi 11.0
Gambar 2.11 CorelDRAW versi 11.0
Fitur
barunya adalah : Kumpulan simbol-simbol (Symbols
library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain
web), pressure-sensitive vector brushes,
3 titik alat menggambar (3-point drawing
tools).
- CorelDRAW Versi 12.0
Gambar 2.12 CorelDRAW versi 12.0
Versi
ini lebih stabil dari versi yang sebelumnya dan ditambah fitur yang biasa ada
di AutoCAD seperti dynamic Guideline dan Snap to Object sehingga menggambar akan
lebih presisi dan sempurna. Namun proses print diversi ini sangat lambat.
- CorelDRAW Versi X3
Fitur
baru dari versi ini adalah : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk
memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer / Fillet / Scallop /
Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image
Adjustment Lab). Menjiplak / Trace
menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.
- CorelDRAW Versi X4
Gambar 2.14 corelDRAW versi X4
Fitur
barunya antara lain : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW,
ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting,
mendukung file kamera RAW. versi ini dibuat untuk mengatasi kompatibilitas
dengan Windows Vista.
- CorelDRAW Versi X5
Gambar 2.15 CorelDRAW versi X5
Versi
ini kompatible dengan processor multicore
dan SO Windows 7. Fitur tambahannya
adalah : pengaturan isi (CorelCONNECT),
pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja
multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf / fonts, clip arts, dan foto-foto),
mengisyaratkan objek (object hinting),
pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan
sentuh (added touch support), dan
mendukung berbagai format file. Corel telah mengembangkan transformasi,
yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.
- CorelDRAW Versi X6
Gambar 2.16 CorelDRAW versi X6
CorelDRAW
X6, dirilis pada tanggal 20 maret 2012. Versi ini telah tersedia 2 versi, yaitu
32-bit dan 64-bit. Untuk versi 64-bit tentunya akan lebih menyenangkan apabila
dikomputer kita terpasang memory
lebih 4 gb dengan CPU yang mumpuni untuk urusan desain grafis.
- CorelDRAW Versi X7
Gambar 2.17 CorelDRAW versi X7
Hadir
dengan banyak sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg dapat disesuaikan secara
penuh. Workspace lebih interaktif, fill & transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan. kemudahan untuk
memilih font dengan tampilan yg lebih
nyaman. terdapat special effect pada photo editing, layout dan drwing tool yg
lebih presisi, dukungan terhadap resolusi tinggi dan multi display, terdapat QR
code generator dan beberapa perbaikan serta peningkatan baik itu pada
desain maupun kinerja.
Q.
Keunggulan Dan Kekurangan Program CorelDRAW
- Keunggulan
Program Corel Draw
Suatu
program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa
keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:
a. Gambar
yang dihasilkan dengan vektor atau
berbasis vektor bisa ditekan pada
tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang
berbasis bitmap atau raster.
b. Penggunaan
Corel Draw, terutama pada tool-tool
yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang
yang baru pertama menggunakannya.
c. Corel
Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti
layaknya Adobe Potoshop.
d. Banyaknya
pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar.
Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw
lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi
oleh pengguna lain.
- Kelemahan Program Corel Draw
a. Memakan memori dan resource
lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail
yang banyak. Pada PC yang low end
penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’
pada system bahkan dalam proses effect
bevel / emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.
b. Besar file yang dibuat membengkak
c. Warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan
tampilan layar) pada beberapa jenis printer
d. Dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat
table dalam MS Word. Yaitu dengan
cara yang sangat manual
e. Apabila ada penggabungan objek vector dan photo / bitmap
kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat
objek text dan photo.
f. Kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.
R.
Toolbox CorelDRAW X7
Pada toolbox terdapat berbagai
peralatan untuk menggambar atau membuat desain. Letak Toolbox Coreldraw
bisa dilihat di Layout Coreldraw Ikon-ikon yang tampil hanyalah
sebagian dari yang ada. Dengan banyaknya icon
di toolbox kita tentu bertanya -
tanya, apa sih fungsi tool - tool ini, bagi yang penasaran marilah baca
penjelasan tentang fungsi toolbox
Corel
berikut ini
Gambar 2.18 Toolbox
Untuk
melihat ikon-ikon yang tersembunyi, klik pada ikon dengan durasi waktu yang
agak lama, maka akan tampil ikon-ikon yang tersembunyi. Berikut ini tampilan
ikon Toolbox dan
penjelasannya:
Gambar 2.19 tampilan Toolbox
Demikian
penjelasan mengenai kegunaan dan fungsi Toolbox
Coreldraw, untuk lebih Fill :
- Pick
Tool
Untuk menyeleksi, mengubah ukuran,
dan juga memutar arah objek gambar
- Shape
Edit
Shape Menyunting bentuk objek gambar.
a.
Smudge
Brush
Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik
garis tepinya.
b. Roughen Brush
Mengubah
/ mendistorsi keseluruhan outline
bentuk gambar dengan menarik garis tepinya.
c.
Free
Transform Tools
Mengubah
objek gambar menggunakan rotasi (pemutaran posisi) bebas, rotasi sudut,
mengubah ukuran dan, dan juga memiringkan bentuk gambar.
3. Crop Tool
a.
Crop
Menghilangkan
bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
b.
Knife
Mengubah
/ mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
c.
Erase
Menghapus
area dalam gambar.
d.
Virtual
Segment Delete
Menghapus
suatu bagian objek yang berada dalam persinggungan (interseksi).
- Zoom
a.
Zoom
Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
b.
Hand
Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
- Curve
a.
Freehand
Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis tunggal.
b.
Bezier
Menggambar kurva dalam bentuk garis
tunggal per titik (node).
c.
Artistic
Media Tool
Memunculkan
fungsi pembuat bentuk (pena), seperti brush
(efek kuas dengan pola pulasan tertentu), Sprayer
(efek cat semprot), Calligraphic
(efek pena kaligrafi), dan Pressure (efek
pena teknik yang akan membentuk garis tepi tanpa lengkung).
d.
Pen
Menggambar kurva dalam sebuah segmen
pertitik (node).
e.
Polyline
Menggambar
garis dan kurva dalam modus preview.
f.
3 Point
Curve
Menggambar
kurva dengan menentukan titik awal dan akhir, lalu titik pusat kurva.
g.
Interactive
Connector
Menggabungkan
dua objek dengan sebuah garis.
h.
Dimension
Menggambar
garis secara vertical, horizontal,
bersudut, dan miring.
- Smart
Tools
a.
Smart Fill
Untuk
menciptakan objek dari sebuah area lalu mengisikannya dengan warna atau
tekstur.
b.
Smart
Drawing
Untuk
mengubah coretan pointer yang anda
gambar ke bentuk dasar atau bentuk yang wujudnya lebih halus.
- Rectangle
a.
Rectangle
Untuk membentuk segi dan kotak.
b.
3 Point
Rectangle
Untuk
membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per titik.
- Ellipse
a.
Ellipse
Untuk
menggambar elips dengan lingkaran.
b.
Hand
Mengatur
bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
- Object
a.
Polygon
Untuk
membentuk polygon dan bintang secara simetris.
b.
Star
Untuk
membentuk bintang.
c.
Complex
Star
Untuk
membentuk bintang dengan bentuk yang lebih kompleks dengan persinggungan sudut.
d.
Graph
Paper
Untuk
membentuk serupa tabel atau susunan kotak-kotak seperti pada kertas gambar
teknik.
e.
Spiral
Untuk
membentuk spiral (per) secara simetris dan logaritmis
- Perfect
Shapes
a.
Basic
Shapes
Menyediakan aneka bentuk jadi seperti segi delapan, smiley face, hingga segitiga.
b.
Arrow Shapes
Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah dengan aneka
variasi bentuk, arah, dan jumlah kepala panah.
c. Flowchart
Shapes
Untuk memudahkan menggambar bentuk flowchart (bagan).
d.
Banner
Shapes
Untuk memudahkan menggambar bentuk
pita dan symbol ledakan.
e.
Callout
Untuk memudahkan menggambar bentuk
balon bicara dan label
- Text
Tool
Untuk
membuat teks langsung di area gambar baik yang berfungsi sebagai teks artistic maupun keterangan.
- Interactive
Tools
a.
Interactive
Blend
Untuk
membentuk segi dan kotak
b.
Interactive
Contour
Untuk
membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per tit
c.
Interactive
Distortion
Untuk
mendistorsi objek secara push / pull,
zipper, dan twister.
d.
Interactive
Drop Shadow
Untuk
menyisipkan bayangan ke dalam objek.
e.
Interactive
Envelope
Untuk
mengubah bentuk objek dengan menarik titik (node)
pada outline.
f.
Interactive
Extrude
Untuk
membentuk ilusi kedalaman pada objek.
g.
Interactive
Transparency
Untuk
menyisipkan efek transparan pada objek
- Outline
a.
Outline
Pen Dialog
Untuk
mengakses boks dialog outline pen.
b.
Outline
Color Dialog
Untuk
mengakses boks dialog pengaturan warna outline.
c.
No Outline
Untuk
menghilangkan outline dari sebuah objek.
d.
½ Point
Outline
Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
e.
1 Point
Outline
Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
f.
2 Point
Outline
Untuk
membentuk ketebalan garis 2 point.
g.
8 Point
Outline
Untuk
membentuk ketebalan garis 8 point.
h.
16 Point
Outline
Untuk
membentuk ketebalan garis 16 point.
i.
24 Point
Outline
Untuk
membentuk ketebalan garis 24 point.
j.
Color
Docker Window
Untuk
membuka docker untuk pengaturan warna
dan outline objek.
- Fill
Tools
a.
Fill Color
Dialog
Untuk
mengakses boks dialog pengaturan cat (pengisi bagian dalam objek) dari sebuah
objek.
b.
Fountain
Fill Dialog
Untuk
mengakses boks dialog pengisi warna dan gradasi ke dalam objek.
c.
Pattern
Fill Dialog
Untuk mengakses boks dialog pengisi pola
ke dalam objek.
d.
Texture
Fill Dialog
Untuk
mengakses boks dialog pengisi tekstur ke dalam objek.
e.
Post
Script Fill Dialog
Untuk
mengakses boks dialog pengisi gambar post-script ke dalam objek.
f.
No Dialog
Untuk
menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
g.
Color
Docker Window
Untuk
membuka docker untuk pengaturan warna dan outline
objek.
- Interactive
Fill
a.
Interactive
Fill
Untuk
mengisi aneka fill (pengisi objek) ke dalam sebuah objek.
b. Interactive
Mesh
Untuk
menerapkan garis-garis jejaring pada objek. semoga bermanfaat
BAB
III
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
A.
Sejarah Berdirinya LKP INDO KOMPUTER
Purwokerto
Sekitar tahun
1984, Bapak Buntoro Kadarusman selaku pemilik INDO Komputer di Purwokerto,
melihat peluang yang baik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dikota Purwokerto
dalam hal pendidikan ketrampilan komputer.
Maka setelah
keluar ijin kursus pada (tahun 1987), dibukalah kursus komputer dengan label
pendidikan dan ketrampilan (LKP) INDO KOMPUTER, mengambil lokasi di Jl. Jendral
Sudirman Purwokerto (seberang alun-alun Purwokerto).
Pada masa itu,
program komputer yang sedang diminati masyarakat masih berbasis DOS, seperti : WordStar, Lotus, Foxbase, dimana program-program
tersebut masih dapat diakses menggunakan disket,
dan dengan kapasitas CPU minim RAM, serta layar Monochrome.
Seiring berjalannya
waktu dan tuntutan akan kursusus yang lengkap, akhirnya INDO KOMPUTER membangun
gedung baru di Jl. Overste Isdiman No. 25 Purwokerto (Tahun 1991). Dan dengan Kemajuan
Teknologi Informarika yang begitu pesat, hingga munculnya Operating Sistem Under Windows, maka LKP Indo Komputer ikut
mengubah tren Program-Program Under
Windows pula, seperti : Windows 7, MS-OFFICE,
Program Grafis, Data Base, Visual hingga
Internet.
Guna
terjalinnya sinergi dibidang pendidikan dengan POLITEKNIK PRATAMA Purwokerto
yang merupakan jenjang Pendidikan D3 nya, maka tempat tempat belajar LKP INDO KOMPUTER
(mengikuti perubahan dari LPK menjadi LKP) sejak tahun 2009 dialihkan ke Jl. Perintis
Kemerdekaan No. 187 Purwokerto, satu atap dengan POLITEKNIK PRATAMA. Bejalan
hingga sekarang, dengan pengembangan beberapa program kursusus bulanan dan 1
tahun, serta memunculkan program unggulan : AUTOCAD
2D & 3D
Mengikuti
permintaan tertinggi INDO KOMPUTER GRUP agar LKP INDO KOMPUTER bergabung disatu
lokasi di Jl. Overse Isdimsan No. 25 Purwokerto, maka terhitung sejak tanggal
06 Oktober 2014 yang semula beralamat di Jl. Peintis Kemerdekaan No. 187
Purwokerto, pindah ke Jl. Overse Isdiman No. 25 Purwokerto (barat Hotel ASTON)
Sesuai dengan
motto lembaga : “the spesialis in computer training”, maka LKP INDO KOMPUTER
terus mengembangkan Program Khusus dan Pelatihan Komputer dengan memasukkan 3D STUDIO MAX, MICROTIC dan LINUX sebagai program pelengkap.
B.
Motto, Visi dan Misi Perusahaan
MOTTO LKP INDO
COMPUTER
“the specialist in computer
training”
Visi Misi & Tujuan LKP INDO KOMPUTER
1.
Visi:
“reaching a higher step of skills for a better future”
2.
Misi:
À Menyelenggarakan
sertifikasi disemua bidang lulusan
À Menyelenggarakan
sertifikasi tingkat nasiomal
À MengUpdate
materi sesuai dengan perkembangan tehnologi
À Mempererat
hubungan deangan dunia kerja
À Menyelenggarakan
pendidikan softskill
3.
Tujuan:
Ø Menyiapka
kompetensi lulusan sesuai dunia kerja
Ø Menyiapkan
mental lulusan untuk bersaing di dunia kerja
Ø Meningkatkan
lebih tinggi kemampuan, ketrmpilan lulusan.
C.
Akta Notaris Perusahaan
|
IDENTITAS LKP INDO LOMPUTER
|
|
Nama Program : KOMPUTER
Nama Lembaga : LKP INDO COMPUTER
Surat Ijin
Operasional Lembaga *)
Nomer :
241.9/351/2009
Tanggal : 30
MEI 2009
Diterbitkan Oleh : BUPATI BANYUMAS
Berlalaku Sampai
Tanggal : 30 MEI 2014
Akta Notaries*)
Nomer :
8
Tanggal : 11
FEBUARI 1987
Ditandatangani
Oleh : NOTARIES RATNA
DIWATI, S.H
Tanggal, Bulan
& Tahun
Dimulainya
Penyelenggaraan : 12 FEBUARI 1987
Alamat :
JL. OVERSE ISDIMAN NO. 25
PURWOKERTO
Kabupaten /Kota**) BANYUMAS
PROVINSI JAWA TENGAH
Nomer Telepon : -
Nomer Hp :
085747846040
Nomer Faximile : -
E-Mail :
lkpindokomputer@gmail.com
Homepage : www.lkpindokom.web.id
mo
|
D.
Struktur Organisasi Perusahaan
STUKTUR ORGANISASI
LKP INDO KOMPUTER PURWOKERTO
Tabel 3.1 Stuktur Organisasi
E.
Pelaksanaan Jam Kerja
Adapun pelaksanaan dan waktu pelaksanaan
Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah :
NAMA :
Ahmad Fauzi
WAKTU PELAKSANAAN : 23 Maret – 23 Mei 2015
TEMPAT :
LKP INDO KOMPUTER
Jam kerja yang ditetapkan adalah sebagai
berikut :
1.
Hari Senin – Jum’at
Sift
pagi : 08.00 – 13.00 WIB
Sift
siang : 12.00 – 17.00 WIB
2. Hari
sabtu : 08.00 – 13.30 WIB
BAB IV
PEMBAHASAN DAN HASIL
A. Definisi CorelDRAW
1. Pengertian CorelDRAW
Corel draw adalah aplikasi berbasis vector yang dikembangkan dan dipasarkan
oleh corel corporation yang berpusat di Ottawa, Canada. Versi terakhir adalah
X7. Aplikasi corel draw sangat diminati oleh para designer untuk
membuat art designer, seperti logo perusahaan, icon desktop, icon
program, banner, poster, spanduk, logo, dan masih banyak lagi.
Sejarah perkembangan
corel draw bermula pada tahun 1985, dimana DR. Michael Cowpland salah seorang
staf dari corel corporation Ottawa, yanag memulai menjual produk corel
draw pada intel based desktop publishing systems.
Awal mula corel draw dirilis pada tahun 1989,
corel draw 1.x dan corel draw 2.x berjalan pada windows. Corel draw 3.x rillis
bersama dengan Microsoft windows 3.1.
fakta yang terdapat dalam true type
pada windows 3.1 merubah corel draw
benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan sistim
instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti adobe type manager.
Gambar 4.20 DR.
Michael Cowpland
2.
Fitur Andalan Pada CorelDRAW
Beberapa tools
yang ditawarkan oleh corel draw yang
berbasis vector adalah : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill
dan sebagainya. Corel draw juga
memiliki perbedaan mencolok dibandingkan dengan saingannya, yang pertama adalah
bahwa corel draw adalah satu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vector. Peralatan – peralatan yang ada
memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangan warna bahkan
mengubah dari mode RGB (RED, GREEN ,BLUE) menjadi CMYK (CYAN, MAGENTA, YELLOW).
Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan
COREL PHOTO PAINT. Pesaing utama corel
draw adalah adobe illustrasion
dan xara extreme. Meskipun mereka
semua juga program editor gambar
barbasis vector, namun pengalaman
penggunaanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
B. Langkah
Instal CorelDRAW
X7
CorelDRAW versi
X7 merupakan versi tertinggi dan teranyar untuk saat ini. Untuk menjalankan
CorelDRAW versi ini, dibutuhkan komputer dengan spesifikasi yang lumayan
tinggi. Minimal anda harus memiliki komputer dengan RAM sebesar 2GB dengan CPU
Dual Core. Saat pertama memakainya, serasa anda baru saja menginstal windows 8, karena tampilan serta welcome
screen sangat mirip dengan windows 8.
Tentu hal ini akan membuat CorelDRAW versi ini lebih cocok diinstal di OS Windows 8.
1.
Berikut Langkah-Langkah Instalasi CorelDRAW X7
1) Jalankan file instalernya. Tunggu sampai proses selesai.
Gambar 4.21 file instaler
2) Kemudian akan muncul tampilan “Minimum System Requirements”, klik “continue”.
Gambar 4.22 “Minimum
System Requirements”
3) Kemudian akan muncul “License Agreement”, centang “Accept”
lalu klik “NEXT”.
Gambar 4.23 “License Agreement”
4) Kemudian
ada perintah untuk memasukan serial number, centang “I have a serial number”.
Gambar 4.24 untuk memasukkan serial number
5) Buka
keygen, Pilih ”CorelDRAW Graphic Suite
X7” kemudian klik “generate serial
number” Copykan serial number ke CorelDRAW X7
Gambar 4.25 keygen
6) Copykan
serial number ke “CorelDRAW X7”,
kemudian klik “NEXT”
Gambar 4.26 memasukkan serial number
7) Kemudian pilih “Custom Instalation”
Gambar 4.27 pilihan langkah instalasi
8) Kemudian akan diberi pilihan mana saja yang akan diinstal, kemudian klik “NEXT”
Gambar 4.28 pilihan aplikasi yana diinstal
9) Klik “NEXT” pada perintah ini
Gambar 4.29 “additional
options”
10) Kemudian
instalasi akan berjalan, tunggu sampai selesai
Gambar 4.30 proses instalasi
11) Selesai
proses instalasi, klik “FINISH”
Gambar 4.31 instalasi selesai
2.
Aktivasi CorelDRAW X7
1)
Buka kembali “CorelDRAW X7”
yang tadi sudah diinstal. akan muncul tampilan aktivasi, klik tombol “Activate Now”.
Gambar 4.32 “activasi
corelDRAW”
2)
Kemudian klik tombol “Contact
Corel”
Gambar 4.33 langkah activasi
corelDRAW
3) Kemudian akan muncul informasi berupa serial number dan installation
code. Masukkan kode instalasi ke keygen
yang tadi. Apabila keygen sudah di close, buka kembali dan copy paste
serial number dari corel ke keygen, bukan sebaliknya.
Gambar 4.34 “contact
corelDRAW”
4)
Copykan instalasi code pada “keygen”
Gambar 4.35 keygen pengisian
installation code
5)
Kemudian
klik generate activation code,
sehingga muncul serial activasi code
Gambar 4.36 keygen dengan
activasi code
6)
Kemudian copykan activasi codenya, kemudian klik “CONTINUE”
Gambar 4.37 pengisian activasi
code
7)
Sekarang CorelDRAW sudah full version
C.
Cara Membuat Stempel Bulat Dengan “CorelDRAW X7”
1.
Pertama buka
lembar kerja. Buat ukuran menggunakan lembar kerja ukuran a5.
2.
Buat lingkaran
menggunakan “Ellipse Tool” (F7) lalu “drag” (tarik sudut kiri atas ke kanan bawah), menggunakan
ukuran 3 cm (30 mm). untuk menegaskan ukuran agar presisi panjang dan lebar
objek harus sama, klik “Size Toool”
(logo gembok) untuk merubah ukuran panjang dan lebar. Kemudian, klik objek
(lingkaran) yang baru di buat lalu taruh di tengah-tengah lembar kerja (Ctrl
+ P), ini penting untuk menyesuaikan tingkat presisi objek dimana
dalam proses selanjutnya akan ada beberapa lingkaran yang saling berhimpitan.
Gambar 4.38
membuat lingkaran
Gambar 4.39
memindah lingkaran
3.
Objek lingkaran
sudah di tengah, kemudian buat 3 lingkaran lagi. Menggunakan Copy dan Paste objek ( Ctrl + C > Ctrl + V ) atau Duplikat
( Ctrl + D ). Lalu sesuaikan ukurannya pakai 30 mm untuk tepi luar, 28
mm untuk tepi luar dalam dan 20 mm.
Gambarbar 4.40
mengcopy lingkaran
4.
Untuk lingkaran
tengah. Sesuaikan juga ukuran Outline
di kolom Outline Width
5.
kemudian
memasukkan teks ke objek, caranya buat satu lingkaran lagi sebagai lingkaran
bantu. Beri ukuran dengan silisih 1 s/d 2 mm dari lingkaran tengah (line merah)
Gambar 4.41 membuat
lingkaran bantu
6.
Klik lingkaran
ke 4 (warna ungu) lalu Pilih Text Tool (F8) arahkan mouse tepat ke garis bantu outline lingkaran ( bila tepat akan
muncul kode seperti di gambar ( icon edge).
Hal ini dilakukan agar tulisan mengikuti kontur lingkaran (melengkung).
Gambar 4.42
memasukkan teks
7.
Ketikkan kata
yang di inginkan, contoh TUTORIAL CORELDRAW (atas) - MISTERADLI (bawah). Sesuaikan
ukuran FONT hingga terlihat
proporsional dan penuh di space.
Catatan:
Untuk mengatur ukuran font double click pada objek yang
terdapat teks lalu drag hingga
ukuran dirasa pas dan proporsional.
Gambar 4.43
lingkaran yang sudah ditulis teks
8.
Apabila teks
yang dimasukkan terlalu pendek maka gunakan Shape Tool (F10) untukmemberi jarak (kerapatan) huruf dalam
teks. Geser (drag) dari kiri
ke kanan atau sebaliknya.
Gambar 4.44
menggeser teks
9.
Bila posisi
teks sudah tepat (presisi) maka llingkaran bantu dapat di hilangkan caranya
convert teks ke bentuk curve (Ctrl
+ Q) maka antara lingkaran bantu dan huruf sudah terpisah. Hapus/Delete (Del) lingkaran bantu.
Gambar 4.45
menghapus garis bantu
10.
Lakukan langkah
yang sama untuk kata yang di bagian bawah. (eks = MISTERADLI). Namun diameter
lingkaran adalah berjarak 1 - 2 mm dari lingkaran tepi luar dalam. Huruf yang
di masukkan biasanya menghadap ke bawah, gunakan tool Mirror Text dan sesuaikan horizontal dan vertikalnya.
Gambar 4.46
memasukkan garis bantu bawah
Gambar 4. 47
mirror text horizontal
11.
Tambahkan
ornamen bintang di Stempel yang kita buat untuk mempertegas perbedaan antara
teks atas dan teks bawah. Pilih Star Tool > Drag letakkan di
antaranya pada ruang kosong kiri dan kanan (lihat gambar).
Gambar 4.48
memasukkan ornament bintang
12.
kemudian export (
Ctrl + E ) desain stempel tadi ke format PNG dan centang transprency..
D.
Hasil
Yang Diharapkan
Hasil yang di harapkan penulis dalam
prakerin ini adalah menjadi disiplin dalam melaksankan pekerjaan, dan
keterampilan, kejujuran, ketelitian,dan tanggung jawab lebih meningkat. Dan
semoga setelah selesai prakerin penulis mendapatkan ilmu yang bermanfaat dunia
akhirat dari dunia industri dan pengalaman kerja untuk bekal kehidupan yang
akan datang.
Semoga dengan terselesainya pembuatan laporan ini penulis bisa lebih
mengembangkan tentang software ke
yang lebih canggih, dan penulis juga
berharap agar adik kelas SMK Teknik Komputer MBM bisa mempraktikan apa yang
sudah penulis terangkan, dan bisa lebih mengembangkannya.
Penulis juga berharap agar SMK Teknik Komputer MBM bisa menjadi SMK yang
ahli di bidang teknologi informasi, dan bisa menciptakan software-software
kualitas unggulan yang bisa di perbandingkan dengan kualitas SMK yang lain.
BAB V
PENUTUP
- Kesimpulan
Corel draw adalah aplikasi berbasis vector
yang dikembangkan dan dipasarkan oleh corel corporation yang berpusat di
Ottawa, Canada. Versi terakhir adalah X7. Aplikasi corel draw sangan diminati
oleh para designer untuk membuat art designer, seperti logo
perusahaan, icon desktop, icon program, banner, poster,
spanduk, logo, dan masih banyak lagi.
CorelDraw menawarkan antarmuka yang sangat bersih dan bermanfaat. Semua
alat-alat standar yang tersedia untuk membuat gambar yang halus dan grafis yang
berpariasi, termasuk logo, kartun dan desain antarmuka.
- Kesan Umum
Terhadap Instansi Prakerin
Setelah penyusun melaksanakan prakerin di LKP INDO KOMPUTER Purwokerto,
selama dua bulan, penyusun dapat menyimpulkan :
- Kami sangat terbantu karena para karyawan
dapat bekerjasama dengan baik dengan kita.
- Para karyawan dan karyawati sangat
membantu dan mendukung pelaksanaan prakerin, serta selalu membimbing
setiap pekerjaan yang di tugaskan kepada penyusun.
- Dapat mempelajari berbagai hal tentang dunia
kerja di LKP INDO KOMPUTER Purwokerto
- Saran
Berikut adalah beberapa kritik dan saran penulis untuk sekolah maupun untuk
tiap-tiap jurusan, yaitu :
a.
Melengkapi alat praktik agar proses belajar
mengajar berjalan dengan lancar.
b.
Memperbanyak jam praktik dibanding jam teori.
DAFTAR PUSTAKA
sejarah perusahaan
didownload pada 10/05/2015 pukul 10.00 WIB
riniadelikasidabutar.blogspot.com/2013/05/prakerin-praktek-kerja-industri-siswa_22.html
didownload pada 11/05/2015 pukul 08.00 WIB
https://yudhaargasainstek.wordpress.com/2014/09/09/perkembangan-corel-draw-by-yudhaargasainstek
didownload pada 16/05/2015 pukul 20.00 WIB
eksiaji.blogspot.com/2012/11/kekurangan-dan-kelemahan-corel-draw.html
didownload pada 17/05/2015 pukul 11.00 WIB
didownload pada 02/05/2015 pukul 08.30 WIB
didownload pada 19/05/2015 pukul 08.00 WIB
didownload pada 26/05/2015 pukul 09.00 WIB
Assalamualaikum mas
BalasHapusSaya ingin mendownload, bagaimana caranya?
Saya juga tidak tahu
Hapus